Langsung ke konten utama

Airport Operation Handling

Hasil gambar untuk gambar gse di airport


AIRPORT OPERATION HANDLING
1.1. Ground Handling

Ground handling ialah penanganan darat atau di darat dari block on sampai block off. pengetahuan dan keterampilan tentang penaganan pesawat di apron,penanganan penumpang dan baggage nya di terminal dan cargo serta pos di cargo area.
Tujuan ground handing:
  1.      Flight safety
  2.      On time performance
  3.       Costumer satisfaction
  4.     Reliability

1.2.  Ground Support Equipment ( GSE )

 Ground Support Equipment di tinjau dari fungsinya adalah merupakan sejumlah peralatan darat yang di perlukan oleh suatu pesawat terbang tentu selama pesawat terbang tersebut ada di darat.
1.Pengelompokan ground support equipment
Untuk mempermudah pengelolahan peralatan-peralatan darat atau GSE yang ada,secara fungsinya di kelompokkan menjadi :
  •   Technical handling equipment

Adalah peralatan/equipment yang di gunakan secara langsung berhubungan dengan pengoprasian dan perawatan/maintenance pesawat terbang.
·         Jenis-jenis type GSE motorized yang termasuk dalam technical handling equipment :
Ø  Ground power unit (GPU)
Ø  Aie stater unit (ASU)
Ø  Air conditioning unit truck (AUT)
Ø  Lavatory service truck (LST)
Ø  Water service truck(WST)
·         Jenis-jenis type non motorized yang termasuk dalam technical handling equipment:
Ø  Towbar (TBR)
Ø  Jack (JCK)

  •       Station handling (PAX dan cargo handling)

Adalah peralatan yang di gunakan untuk melayani penumpang serta loading dan Unloading muatan barang (cargo,baggage,dan mail).
·         Jenis-jenis type GSE motorized yang termasuk dalam station handling :
Ø  Hight lift loader (HLL)
Ø  Belt conveyor belt (BCL)
Ø  Baggage towing tructor (BTT)
Ø  Passanger boarding step(PBS)
Ø  Frock lift (FLT)


·         Jenis-jenis type GSE non motorized yang termasuk dalam station handling :
Ø  Containner dollies (CDL)
Ø  Container
Ø  Pallet dollies (PDL)
Ø  Pallet
Ø  Baggage cart(BCT)
1.3.  Ramp handling

          Ramp ( region of aircraft movement parking) ialah penanganan atau memonitor seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pesawat udara selama berada di darat.mulai pesawat di darat (block on) hingga pesawat siap untuk berangkat (block off).

  •              Pembagian tugas ramp service

a.       Operation
1.      Flight control ialah yang bertanggung jawab penuh kepada A/C dari block on sampai block off.
2.      Load master ialah yang bertanggung jawab untuk loading unloading baggage dan cargo di A/C.
3.      Load sheeter ialah petugas yang membuat load sheet atau keseimbangan pesawat dan menentukan posisi loadingan baggage dan cargo

b.      Operator GSE
Operator GSE ialah staff yang bertugas untuk membawa,kenderaan atau peralatan GSE yang telah memiliki lisensi untuk membawakan kenderaan tersebut.

  •                 Ramp activity

Ramp activity ialah kegiatan yang di lakukan di ramp area selama pesawat udara di parkir ground, kegiatan meliputi :
·         Marshalling
Ialah pemandu pilot pada saat pesawat akan parkir (nose in) di parking stand.
·         Parking
Ialah kegiatan memperhatikan parking stand apakah sesuai dengan type pesawat
              Yang akan parking.
·         Ramp to flight comunication
Ialah komunikasi dari ramp ke pilot dengan menggunakan inter phone yang ada
  pada pesawat.
·         Loading unloading
Ialah kegiatan pemuatan dan pembongkaran muatan di compartment yang
 berisikan baggage dan cargo,pos.
·         Refuling
Ialah proses pengisisan bahan bakar pesawat.
·         Starting
Ialah proses mulainya mesin di hidupkan,sebelum proses ini di mulai ramp officer
harus memonitor semua kegiatan di ramp area sudah clear.
·         Moving A/C
Ialah proses pemindahan pesawat dari stand ke area lain. Baik ke taxi way untuk take off maupun ke maintenance atau ke remove area.

  •                 Ramp safety

Ramp safety ialah keselamatan di area ramp yang meliputi dari :
1.      Keselamatan pada pesawat udara.
2.      Keselamatan kepada penumpang pesawat udara.
3.      Keselamatan pada barang-barang yang di angkut oleh pesawat udara.
4.      Dan keselamatan pada staff ramp.
Dalam safety ada tiga hal yang harus dihindari yaitu:
a.       Habit ( kebiasaan )
Kebiasaan membuat orang menjadi tidak perduli dan ceroboh,jadi selalulah berhati-hati walaupun tidak ada terjadi kecelakaan sebelumnya,
b.      Haste ( terburu-buru )
Terburu-buru akan mengurangi konsentrasi dan control diri.Hal ini dapat membayakan diri dan orang lain.
c.       The other person
Selalulah mewaspadai terhadap orang lain yang tidak mematuhi peraturan keselamatan karena kecelakaan dapat terjadi dari orang tersebut.

Terimakasih semoga bermanfaat bagi kita,,














Komentar

Postingan populer dari blog ini

BASIC AVIATION KNOWLEDGE

BASIC AVIATION KNOWLEDGE 1.1.          Basic Knowledge For Chek-in Counter Ø   Periapan sebelum proses chek-in Sebelum chek-in di buka ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu: ·          Petugas chek-in harus berada di chek-in counter paling lama 30 menit sebelum proses chek-in di buka,chek-in counter di buka 2 jam sebelum keberangkatan, ·          Chek pembukuan untuk mengetahui apakah ada penumpang yang memerlukan perhatian khusus, ·          Berkordinasi dengan operation ramp terkait dengan tempat duduk untuk keseimbangan pesawat, ·          Persiapkan alat kerja secukupnya seperti boarding pass,baggage label,dll.Pastikan label tidak bercampur dengan rute lain. ·          Print PNL ( Passanger Name List )...

KOPI-MU

Kopimu Adakah yang lebih pahit dari kopi yang engkau sajikan Di setiap seduhannya membawaku ke lembah terdalam Mungkin kau lupa menaburkan sedikit gula diatas nya Atau kah aku yang sudah mati rasa akan keduanya Antara pahitnya kopi dengan manisnya gula.. Pahit.. Sungguh pahit kopimu malam ini, Getarnya menjulur di sekujur tubuhku Menyelinap diantara lamunan sepiku, Sayang ,, Sungguh sayang,, Kopimu terlanjur dingin sebelum selesai kuhabiskan Ingin kuseduh kembali, Namun sayang rasaku terlanjur mati Biarlah kopimu malam ini berteman heningnya sepi Hingga esok hari ada yang sudi kiranya menyeduhnya kembali Dan kamu lekas mengerti Jangan biarkan lagi kopimu dingin bersama sepi