AIRPORT
OPERATION HANDLING
1.1. Ground
Handling
Ground
handling ialah penanganan darat atau di darat dari block on sampai block off.
pengetahuan dan keterampilan tentang penaganan pesawat di apron,penanganan
penumpang dan baggage nya di terminal dan cargo serta pos di cargo area.
Tujuan ground
handing:
- Flight safety
- On time performance
- Costumer satisfaction
- Reliability
1.2. Ground
Support Equipment ( GSE )
Ground Support Equipment di tinjau dari
fungsinya adalah merupakan sejumlah peralatan darat yang di perlukan oleh suatu
pesawat terbang tentu selama pesawat terbang tersebut ada di darat.
1.Pengelompokan
ground support equipment
Untuk
mempermudah pengelolahan peralatan-peralatan darat atau GSE yang ada,secara
fungsinya di kelompokkan menjadi :
- Technical handling equipment
Adalah
peralatan/equipment yang di gunakan secara langsung berhubungan dengan pengoprasian dan
perawatan/maintenance pesawat terbang.
·
Jenis-jenis type GSE
motorized yang termasuk dalam technical handling equipment :
Ø Ground
power unit (GPU)
Ø Aie
stater unit (ASU)
Ø Air
conditioning unit truck (AUT)
Ø Lavatory
service truck (LST)
Ø Water
service truck(WST)
·
Jenis-jenis type non
motorized yang termasuk dalam technical handling equipment:
Ø Towbar
(TBR)
Ø Jack
(JCK)
- Station handling (PAX dan cargo handling)
Adalah
peralatan yang di gunakan untuk melayani penumpang serta loading dan Unloading
muatan barang (cargo,baggage,dan mail).
·
Jenis-jenis type GSE
motorized yang termasuk dalam station handling :
Ø Hight
lift loader (HLL)
Ø Belt
conveyor belt (BCL)
Ø Baggage
towing tructor (BTT)
Ø Passanger
boarding step(PBS)
Ø Frock
lift (FLT)
·
Jenis-jenis type GSE
non motorized yang termasuk dalam station handling :
Ø Containner
dollies (CDL)
Ø Container
Ø Pallet
dollies (PDL)
Ø Pallet
Ø Baggage
cart(BCT)
1.3. Ramp
handling
Ramp
( region of aircraft movement parking) ialah penanganan atau memonitor seluruh
kegiatan yang berhubungan dengan pesawat udara selama berada di darat.mulai
pesawat di darat (block on) hingga pesawat siap untuk berangkat (block off).
- Pembagian tugas ramp service
a. Operation
1. Flight
control ialah yang bertanggung jawab penuh kepada A/C dari block on sampai
block off.
2. Load
master ialah yang bertanggung jawab untuk loading unloading baggage dan cargo
di A/C.
3. Load
sheeter ialah petugas yang membuat load sheet atau keseimbangan pesawat dan
menentukan posisi loadingan baggage dan cargo
b. Operator
GSE
Operator GSE ialah
staff yang bertugas untuk membawa,kenderaan atau peralatan GSE yang telah
memiliki lisensi untuk membawakan kenderaan tersebut.
- Ramp activity
Ramp
activity ialah kegiatan yang di lakukan di ramp area selama pesawat udara di
parkir ground, kegiatan meliputi :
·
Marshalling
Ialah pemandu pilot pada saat
pesawat akan parkir (nose in) di parking stand.
·
Parking
Ialah kegiatan memperhatikan parking
stand apakah sesuai dengan type pesawat
Yang akan parking.
·
Ramp to flight
comunication
Ialah komunikasi dari ramp ke pilot
dengan menggunakan inter phone yang ada
pada pesawat.
·
Loading unloading
Ialah kegiatan pemuatan dan pembongkaran
muatan di compartment yang
berisikan baggage dan cargo,pos.
·
Refuling
Ialah proses pengisisan bahan bakar
pesawat.
·
Starting
Ialah proses mulainya mesin di
hidupkan,sebelum proses ini di mulai ramp officer
harus
memonitor semua kegiatan di ramp area sudah clear.
·
Moving A/C
Ialah proses
pemindahan pesawat dari stand ke area lain. Baik ke taxi way untuk take off
maupun ke maintenance atau ke remove area.
- Ramp safety
Ramp
safety ialah keselamatan di area ramp yang meliputi dari :
1. Keselamatan
pada pesawat udara.
2. Keselamatan
kepada penumpang pesawat udara.
3. Keselamatan
pada barang-barang yang di angkut oleh pesawat udara.
4. Dan
keselamatan pada staff ramp.
Dalam safety ada tiga hal yang harus dihindari yaitu:
a.
Habit (
kebiasaan )
Kebiasaan
membuat orang menjadi tidak perduli dan ceroboh,jadi selalulah berhati-hati
walaupun tidak ada terjadi kecelakaan sebelumnya,
b.
Haste (
terburu-buru )
Terburu-buru
akan mengurangi konsentrasi dan control diri.Hal ini dapat membayakan diri dan
orang lain.
c.
The other person
Selalulah mewaspadai
terhadap orang lain yang tidak mematuhi peraturan keselamatan karena kecelakaan
dapat terjadi dari orang tersebut.
Terimakasih semoga bermanfaat bagi kita,,
Komentar
Posting Komentar