BASIC
AVIATION KNOWLEDGE
1.1.
Basic
Knowledge For Chek-in Counter
Ø Periapan
sebelum proses chek-in
Sebelum
chek-in di buka ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu:
·
Petugas chek-in harus berada di chek-in
counter paling lama 30 menit sebelum proses chek-in di buka,chek-in counter di
buka 2 jam sebelum keberangkatan,
·
Chek pembukuan untuk mengetahui apakah
ada penumpang yang memerlukan perhatian khusus,
·
Berkordinasi dengan operation ramp
terkait dengan tempat duduk untuk keseimbangan pesawat,
·
Persiapkan alat kerja secukupnya seperti
boarding pass,baggage label,dll.Pastikan label tidak bercampur dengan rute
lain.
·
Print PNL ( Passanger Name List )
sebagai back up apabila system down,
·
Pastikan komputer (
monitor,printer,mouse,keyboard dan display ) dan timbangan berjalan baik,
·
Pastikan pada
system,tanggal,rute,registrasi dan PNL telah benar.
Ø Proses
Chek-in
·
Ucapkan salam atau asean greeting dengan
sopan dan senyum,
·
Mintalah tiket dan kartu identitas
penumpang,KTP untuk flight domestik dan Pasport untuk flight internasional dan
cek identitasnya apakah sesuai dengan tiket,
·
Mengecek tiket apakah sesuai dengan
system PNL,
·
Melihat tiket apakah ada permintaan
khusus penumpang,tanyakan apakah penumpang membawa bagasi dan jika ada kemudian
ditimbang,
·
Apabila kelebihan berat bagasi maka
penumpang harus di beritahu untuk membayar EBT,
·
Setelah penumpang membayar EBT kemudian
melabel bagasi tersebut sesui dengan tujuan penumpang,
·
Mencetak boarding pass dan
mengimpormasikan ke penumpang : nama pas,rute,boarding time,no seat,dan
penumpang lewat pintu atau gate berapa,
·
Mengembalikan tiket penumpang,label
bagasi,boarding pass dan KTP penumpang,
·
Greeting dan smiling.
Ø Kegiatan
Manifester
Manifester
adalah orang yang bertugas membuat manifest,adapun kegiatan seorang manifester
adalah:
·
Membuat manifest mengenai suatu
penerbangan,
·
Mempersiapkan alat kerja seperti manual
seat plan dan ATK lainnya,
·
Mempersiapkan alat kerja seperti HT,
·
Mengetahui jumlah pembukuan pada flight
tersebut beserta informasi lainnya seperti VIP,VVIP,WCHR dan lainnya untuk di
informasikan ke divisi terkait,
·
Menjawab panggilan dari seluruh divisi
terkait dengan passanger handling,
·
Melengkapi seluruh dokument baik
manifest,APB,SP,PIS dan lainnya,
·
Meberikan infomasi closingan passanger
dan baggage kepada operation atau ramp staff,
·
Mengisi
form irregularity report setiap flight,
·
Print out manifest harus dalam keadaan
bersih dan tidak di coret.
1.2.
Basic
aviation knowledge for Boarding
Sebelum
melakukan proses boarding ada beberapa hal yang harus diketahui oleh staff Boarding
Gate,adapun tahap-tahap tersebut adalah:
Ø Pre-Boarding
atau persiapan boarding,
Ø Boarding
process atau proses boarding,
Ø Post
boarding atau setelah boarding.
1.
Proses Boarding
·
Mengecek boarding pass sesuai identitas
( KTP atau Pasport ),
·
Mengecek nomor
penerbangan,tujuan,tanggal keberangkatan,
·
Menyobek boarding pass untuk airlines
yang dibutuhkan untuk perhitungan penumpang,
·
Memberi informasi kepada petugas ramp
handling apabila sudah complete atau masih ada kekurangan,
·
Petugas boarding memberitahu ramp
handling kalau sudah complete,
·
Menyiapkan dokumen wajib yang akan di
bawa ke pesawat dan di serahkan ke crew pesawat.
2.
Dokumen wajib yang harus di siapkan
petugas boarding
·
APB ( Actual Passanger Board ) form,
·
Passanger Manifest,
·
Baggage Check List,
1.3.
CRO
dan Services
CRO
dan Services adalah petugas yang memberikan pelayanan kepada seorang customer
untuk memenuhi segala kebutuhan customer tersebut termasuk menyelesaikan
permasalahan customer tersebut.Untuk itu ada beberapa hal yang harus di
perhatikan oleh petugas CRO dan Services yaitu:
·
Penampilan ( Performance ),
·
Pengetahuan ( Knowledge ),
·
Keahlian ( Skill ),
·
Tata krama dan sopan santun ( Attitude
),
a.Tugas dan tanggung
jawab CRO antara lain:
·
Bertugas menangani penumpang
complain,assist VVIP/VIP Bussniss pax,
·
Harus selalu mencheck dan mencari
informasi mengenai VVIP/VIP,
·
Seorang CRO harus mengetahui
perkembangan yang up to date,
·
Dalam menangani penumpang complain,CRO
harus bersikap ramah dan sopan.
b.Tugas dan tanggung
jawab services
·
Mempersiapkan segala kebutuhan penumpang
yang memerlukan penanganan khusus seperti WCHR,UM dan yang lainnya beserta
dokumen yang di butuhkan,
·
Menjaga seluruh peralatan dan property
seperti WCHR,jas hujan dan payung.
1.4.
Special
Handling Passanger
a.
Senjata Api dan Peluru
·
Maksimal 12 butir peluru per penumpang,
·
Maksimal 100 butir peluru per flight,
·
Notoc mengenai secit harus di serahkan
ke Captain,
·
Senjata api dan peluru di letakkan pada
Secit box yang di letakkan di baggage compartmen.
b.
Cairan dan minuman beralkohol
·
Maksimal kadar alkohol 70 % per kemasan,
·
Maksimal 5 liter per penumpang,
·
Maksimal kemasan 1 liter dan dalam
keadaan tersegel dari pabrik
c.
Ibu hamil
·
Kehamilan sampai dengan 7 bulan ( 28
minggu ) tidak memerlukan surat keterangan dokter,
·
Kehamilan setelah 28 minggu plus 1 hari
harus melampirkan Surat Keterangan Dokter atau MEDIF,
·
Semua ibu hamil yang akan berangkat
harus mengisi FOI ( Form Of Indemity ) atau surat pernyataan,
·
Masa berlaku surat keterangan dokter
dihitung 72 jam( 3 hari ) sejak di keluarkan surat tersebut.
d.
Bayi atau infant
·
Bayi berusia kurang dari 2 tahun,
·
Bayi yang berusia lebih dari dua hari
yang di perbolehkan untuk terbang,
·
Bayi yang berusia 2 s/d 7 hari harus di
sertai Surat Keterangan Dokter dan mengisi FOI,
·
Masa berlaku surat keterangan adalah 3
hari setelah di terbitkan surat tersebut,
·
Jumlah infant yang di bolehkan untuk
terbang hanya 10% dari jumlah seat di pesawat,
·
Hanya di perbolehkan terdapat 1 ( satu)
infant setiap ROW pada pesawat.
e.
Unaccompanied Minor atau UM
·
Megisi Form UM,
·
Serah terima harus jelas dari pengantar
dan penjemput kepada petugas CRO dengan menunjukkan identitas pengantar atau
penjemput beserta No telephone yang dapat di hubungi,
·
CRO harus tetap mendampingi UM pada saat
proses embarkation dan dis embarkation,
·
Memberitahukan kepada station tujuan
perihal UM,
f.
Blind Passanger
·
Harus di sertakan dengan PIS/FOI,
·
CRO harus tetap mendampingi UM pada saat
proses embarkation dan dis embarkation,
·
Memberitahukan kepada station tujuan
perihal Blind Passanger.
1.5.
Penanganan
Penumpang Transit
Seorang petugas
Transit Desk harus melakukan beberapa persiapan sebelum melakukan transit
penumpang yaitu:
1.
Mempersiapkan Transit Card sesuai jumlah
penumpang yang transit beserta manifest penumpang transit
2.
Petugas harus menyediakan lebih kurang 3
buah kartu transit untuk mengantisipasi penumpang transit manual,
3.
Gunakan counter check untuk mempermudah
proses perhitungan jumlah penumpang transit yang melapor.
Demikan semoga bermanfaat bagi kita...*_*..

Komentar
Posting Komentar