Langsung ke konten utama

BASIC AVIATION KNOWLEDGE


BASIC AVIATION KNOWLEDGE

1.1.         Basic Knowledge For Chek-in Counter

Ø  Periapan sebelum proses chek-in
Sebelum chek-in di buka ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu:
·         Petugas chek-in harus berada di chek-in counter paling lama 30 menit sebelum proses chek-in di buka,chek-in counter di buka 2 jam sebelum keberangkatan,
·         Chek pembukuan untuk mengetahui apakah ada penumpang yang memerlukan perhatian khusus,
·         Berkordinasi dengan operation ramp terkait dengan tempat duduk untuk keseimbangan pesawat,
·         Persiapkan alat kerja secukupnya seperti boarding pass,baggage label,dll.Pastikan label tidak bercampur dengan rute lain.
·         Print PNL ( Passanger Name List ) sebagai back up apabila system down,
·         Pastikan komputer ( monitor,printer,mouse,keyboard dan display ) dan timbangan berjalan baik,
·         Pastikan pada system,tanggal,rute,registrasi dan PNL telah benar.
Ø  Proses Chek-in
·         Ucapkan salam atau asean greeting dengan sopan dan senyum,
·         Mintalah tiket dan kartu identitas penumpang,KTP untuk flight domestik dan Pasport untuk flight internasional dan cek identitasnya apakah sesuai dengan tiket,
·         Mengecek tiket apakah sesuai dengan system PNL,
·         Melihat tiket apakah ada permintaan khusus penumpang,tanyakan apakah penumpang membawa bagasi dan jika ada kemudian ditimbang,
·         Apabila kelebihan berat bagasi maka penumpang harus di beritahu untuk membayar EBT,
·         Setelah penumpang membayar EBT kemudian melabel bagasi tersebut sesui dengan tujuan penumpang,
·         Mencetak boarding pass dan mengimpormasikan ke penumpang : nama pas,rute,boarding time,no seat,dan penumpang lewat pintu atau gate berapa,
·         Mengembalikan tiket penumpang,label bagasi,boarding pass dan KTP penumpang,
·         Greeting dan smiling.


Ø  Kegiatan Manifester
Manifester adalah orang yang bertugas membuat manifest,adapun kegiatan seorang manifester adalah:
·         Membuat manifest mengenai suatu penerbangan,
·         Mempersiapkan alat kerja seperti manual seat plan dan ATK lainnya,
·         Mempersiapkan alat kerja seperti HT,
·         Mengetahui jumlah pembukuan pada flight tersebut beserta informasi lainnya seperti VIP,VVIP,WCHR dan lainnya untuk di informasikan ke divisi terkait,
·         Menjawab panggilan dari seluruh divisi terkait dengan passanger handling,
·         Melengkapi seluruh dokument baik manifest,APB,SP,PIS dan lainnya,
·         Meberikan infomasi closingan passanger dan baggage kepada operation atau ramp staff,
·         Mengisi  form irregularity report setiap flight,
·         Print out manifest harus dalam keadaan bersih dan tidak di coret.

1.2.         Basic aviation knowledge for Boarding
Sebelum melakukan proses boarding ada beberapa hal yang harus diketahui oleh staff Boarding Gate,adapun tahap-tahap tersebut adalah:
Ø  Pre-Boarding atau persiapan boarding,
Ø  Boarding process atau proses boarding,
Ø  Post boarding atau setelah boarding.
1.      Proses Boarding
·         Mengecek boarding pass sesuai identitas ( KTP atau Pasport ),
·         Mengecek nomor penerbangan,tujuan,tanggal keberangkatan,
·         Menyobek boarding pass untuk airlines yang dibutuhkan untuk perhitungan penumpang,
·         Memberi informasi kepada petugas ramp handling apabila sudah complete atau masih ada kekurangan,
·         Petugas boarding memberitahu ramp handling kalau sudah complete,
·         Menyiapkan dokumen wajib yang akan di bawa ke pesawat dan di serahkan ke crew pesawat.
2.      Dokumen wajib yang harus di siapkan petugas boarding
·         APB ( Actual Passanger Board ) form,
·         Passanger Manifest,
·         Baggage Check List,

1.3.         CRO dan Services
CRO dan Services adalah petugas yang memberikan pelayanan kepada seorang customer untuk memenuhi segala kebutuhan customer tersebut termasuk menyelesaikan permasalahan customer tersebut.Untuk itu ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh petugas CRO dan Services yaitu:
·         Penampilan ( Performance ),
·         Pengetahuan ( Knowledge ),
·         Keahlian ( Skill ),
·         Tata krama dan sopan santun ( Attitude ),
a.Tugas dan tanggung jawab CRO antara lain:
·         Bertugas menangani penumpang complain,assist VVIP/VIP  Bussniss pax,
·         Harus selalu mencheck dan mencari informasi mengenai VVIP/VIP,
·         Seorang CRO harus mengetahui perkembangan yang up to date,
·         Dalam menangani penumpang complain,CRO harus bersikap ramah dan sopan.
b.Tugas dan tanggung jawab services
·         Mempersiapkan segala kebutuhan penumpang yang memerlukan penanganan khusus seperti WCHR,UM dan yang lainnya beserta dokumen yang di butuhkan,
·         Menjaga seluruh peralatan dan property seperti WCHR,jas hujan dan payung.

1.4.         Special Handling Passanger

a.       Senjata Api dan Peluru
·         Maksimal 12 butir peluru per penumpang,
·         Maksimal 100 butir peluru per flight,
·         Notoc mengenai secit harus di serahkan ke Captain,
·         Senjata api dan peluru di letakkan pada Secit box yang di letakkan di baggage compartmen.
b.      Cairan dan minuman beralkohol
·         Maksimal kadar alkohol 70 % per kemasan,
·         Maksimal 5 liter per penumpang,
·         Maksimal kemasan 1 liter dan dalam keadaan tersegel dari pabrik
c.       Ibu hamil
·         Kehamilan sampai dengan 7 bulan ( 28 minggu ) tidak memerlukan surat keterangan dokter,
·         Kehamilan setelah 28 minggu plus 1 hari harus melampirkan Surat Keterangan Dokter atau MEDIF,
·         Semua ibu hamil yang akan berangkat harus mengisi FOI ( Form Of Indemity ) atau surat  pernyataan,
·         Masa berlaku surat keterangan dokter dihitung 72 jam( 3 hari ) sejak di keluarkan surat tersebut.
d.      Bayi atau infant
·         Bayi berusia kurang dari 2 tahun,
·         Bayi yang berusia lebih dari dua hari yang di perbolehkan untuk terbang,
·         Bayi yang berusia 2 s/d 7 hari harus di sertai Surat Keterangan Dokter dan mengisi FOI,
·         Masa berlaku surat keterangan adalah 3 hari setelah di terbitkan surat tersebut,
·         Jumlah infant yang di bolehkan untuk terbang hanya 10% dari jumlah seat di pesawat,
·         Hanya di perbolehkan terdapat 1 ( satu) infant setiap ROW pada pesawat.
e.       Unaccompanied Minor atau UM
·         Megisi Form UM,
·         Serah terima harus jelas dari pengantar dan penjemput kepada petugas CRO dengan menunjukkan identitas pengantar atau penjemput beserta No telephone yang dapat di hubungi,
·         CRO harus tetap mendampingi UM pada saat proses embarkation dan dis embarkation,
·         Memberitahukan kepada station tujuan perihal UM,
f.       Blind Passanger
·         Harus di sertakan dengan PIS/FOI,
·         CRO harus tetap mendampingi UM pada saat proses embarkation dan dis embarkation,
·         Memberitahukan kepada station tujuan perihal Blind Passanger.

1.5.         Penanganan Penumpang Transit
          Seorang petugas Transit Desk harus melakukan beberapa persiapan sebelum melakukan transit penumpang yaitu:
1.      Mempersiapkan Transit Card sesuai jumlah penumpang yang transit beserta manifest penumpang transit
2.      Petugas harus menyediakan lebih kurang 3 buah kartu transit untuk mengantisipasi penumpang transit manual,
3.      Gunakan counter check untuk mempermudah proses perhitungan jumlah penumpang transit yang melapor.


Demikan semoga bermanfaat bagi kita...*_*..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Airport Operation Handling

AIRPORT OPERATION HANDLING 1.1.   Ground Handling Ground handling ialah penanganan darat atau di darat dari block on sampai block off. pengetahuan dan keterampilan tentang penaganan pesawat di apron,penanganan penumpang dan baggage nya di terminal dan cargo serta pos di cargo area. Tujuan ground handing :       Flight safety       On time performance        Costumer satisfaction       Reliability 1.2.    Ground Support Equipment ( GSE )  Ground Support Equipment di tinjau dari fungsinya adalah merupakan sejumlah peralatan darat yang di perlukan oleh suatu pesawat terbang tentu selama pesawat terbang tersebut ada di darat. 1. Pengelompokan ground support equipment Untuk mempermudah pengelolahan peralatan-peralatan darat atau GSE yang ada,secara fungsinya di kelompokkan menjadi :    Technical handling equipment Adalah peralatan/equipment yang di gunakan s...

KOPI-MU

Kopimu Adakah yang lebih pahit dari kopi yang engkau sajikan Di setiap seduhannya membawaku ke lembah terdalam Mungkin kau lupa menaburkan sedikit gula diatas nya Atau kah aku yang sudah mati rasa akan keduanya Antara pahitnya kopi dengan manisnya gula.. Pahit.. Sungguh pahit kopimu malam ini, Getarnya menjulur di sekujur tubuhku Menyelinap diantara lamunan sepiku, Sayang ,, Sungguh sayang,, Kopimu terlanjur dingin sebelum selesai kuhabiskan Ingin kuseduh kembali, Namun sayang rasaku terlanjur mati Biarlah kopimu malam ini berteman heningnya sepi Hingga esok hari ada yang sudi kiranya menyeduhnya kembali Dan kamu lekas mengerti Jangan biarkan lagi kopimu dingin bersama sepi